Supaya Kamu Tidak Tertidur di Kelas

Siapa di antara kamu yang sering tertidur di kelas? Ketika memperhatikan penjelasan guru, mata terasa begitu berat, dan perlahan kamu tertidur.

Seketika kamu terbangun karena suara guru yang membangunkanmu, dan berdiri di depan mejamu. Hmm pasti memalukan ya?

Dengan alasan apapun, tidur di kelas adalah hal yang tidak bisa dibenarkan. Kamu ke sekolah untuk belajar bukan untuk tidur. Jadi, coba cermati beberapa tips ini yang barangkali isa membantu kamu menghindari kejadian tertidur di kelas.

1. Bangun kebiasaan tidur berkualitas

Mungkin kelasnya membosankan, tapi mungkin juga alasan sebenarnya kamu tertidur di kelas adalah karena kamu tidak mendapat istirahat yang cukup pada malam sebelumnya. Begitu mudahnya memang membiarkan waktu istirahatmu hilang begitu saja, entah karena terlalu asik menonton video ataupun tak bisa berhenti scroll down lini masa media sosial kamu.

Mulai sekarang bangunlah kebiasaan tidur yang berkualitas. Biarkan dirimu mendapat tidur cukup sekitar 8 jam per malam. Berangkatlah tidur dan bangun di waktu yang sama, meskipun itu hari libur. Tidur yang berkualitas, akan menghindarkan kamu dari kelelahan dan tertidur di kelas.

2. Pelajari materi sebelum diajarkan

Jika besok guru akan mengajari kamu tentang teori relativitas, maka pelajari bab itu pada malam hari sebelumnya. Selain akan membantu kamu lebih memahami materi yang diajarkan, cara ini juga akan memicu otak kamu untuk lebih tertarik dengan apa yang kira-kira akan diucapkan oleh guru kamu.

Bahkan meskipun kamu hanya melihat secara sekilas dari bab materi yang guru akan bahas, otak akan mengambil potongan kecil informasi. Potongan-potongan kecil ini akan tertinggal di memori jangka pendek kamu. Ketika guru menjelaskan materi yang pernah kamu baca, ia memiliki efek menyentak pada otak, seolah-olah otak berteriak “Hei, aku pernah melihat ini sebelumnya!”

Hal seperti ini akan memuatmu terjaga selama kelas berlangsung.

3. Duduk di baris depan

Duduk di bangku paling depan di mana guru kamu dapat melihatmu dengan jelascakan memotivasi kamu untuk tetap terjaga dan berpartisipasi di kelas. Pastinya, karena kamu tidak mau kan kena marah guru?

4. Bawa air minum

Menjaga tubuhmu terhidrasi dengan baik adalah sesuatu yang penting untuk membuatmu tetap terjaga. Kalau kamu kurang minum air, tubuh kamu tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

FITRI CHAERONI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s