5 Tanda Kamu Kekurangan Vitamin

Ketika tubuh kamu mencoba untuk memberitahu sesuatu, misalnya kurang minum, kurang tidur dan sebagainya, kita akan mengalami sesuatu hal yang aneh di luar dengan kebiasaan kita.

“Pola diet atau terlalu sering memakan makanan olahan, kita akan mudah kekurangan vitamin. Mungkin penyebabnya karena makanan yang kita konsumsi tidak cukup untuk memenuhi nutrisi sehari-hari, atau karena tidak menyerap sempurna karena masalah pencernaan,” menurut Dr. Susan Blum, pendiri Blum, Pusat Kesehatan dan penulis baru buku, Rencana Pemulihan Sistem kekebalan.

“Kamu mungkin tidak mendapatkan penyakit, tetapi kamu akan mendapat gangguan fungsi, karena vitamin adalah kofaktor untuk semua reaksi biokimia dalam tubuh. Oleh karena itu, banyak orang yang menyempurnakan kebutuhan nutrisinya melalui obat atau konsultasi kepada dokter,” tambahnya.

Berikut adalah lima tanda-tanda, yang mungkin adalah suatu peringatan kalau kamu kekurangan vitamin.

1. Tubuh kamu bersisik atau terdapat ruam di wajah, atau mungkin mengalami rambut rontok.  Hal tersebut menandakan bahwa kamu kekurangan biotin atau B7 yang dikenal sebagai vitamin rambut. Dengan kamu mengkonsumsi telur mentah, akan menghambat kemampuan tubuh untuk menerap biotin. Sebaiknya masaklah telur dengan matang untuk menonaktifkan avidin. Selain itu, bantu juga dengan mengkonsumsi bahan makanan lain seperti salmon, alpukat, jamur, kembang kol, kacang- kacangan dan lainnya.

2. Bila kamu menemukan jerawat merah atau jerawat seperti benjolan putih, biasanya di pipi, lengan, paha, dan bokong kamu berarti kamu kekurangan asam lemak esensial, serta vitamin A dan D. Berusahalah untuk meningkatkan konsumsi minyak sehat. Untuk memasok vitamin A, kamu bisa mengkonsumsi sayuran hijau, wortel, ubi, paprika merah. Sedangkan pasokan vitamin D kita bisa peroleh dari sinar matahari pagi dan suplemen -2000 IU.

3. Kamu sering mengalami kesemutan, menusuk-nusuk, dan mati rasa di tangan, kaki, atau di tempat lain, berarti kamu bermasalah dengan saraf perifer di kulit. Gejala ini juga dikombinasikan dengan kecemasan, ketidakseimbangan hormon, dan depresi. Sebaiknya konsumsi bayam, kerang, telur dan lainnya yang mengandung vitamin B seperti folat B9, B6, dan B12.

4. Kram otot atau sakit yang menusuk ke jari kaku, betis, dan punggung kaki, kamu berarti kehilangan banyak mineral dalam tubuh. kekurangan magnesium, kalsium, dan kalium, bisa kamu perlengkapi dengan mengkonsumsi pisang, labu, apel, jeruk, brokoli, bayam, dan lainnya.

AHGIA NOLA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s